Wednesday, December 28, 2011

Hitam Putih Kereta Api - Sebuah Foto Esai


Pasangan rel & wesel (track exchanger - pemindah jalur) yang merupakan penghubung antara jalur 1 dan 2 dari dan menuju Depo (garasi) yang ada di Stasiun Bogor.




Antrian calon penumpang di pagi hari yang menunggu kereta Commuter Line relasi (rute) Bogor - Jakarta Kota di peron jalur 3. Karena beberapa keberangkatan menggunakan kereta balik yang datang dari Depo Depok atau Manggarai, maka kesigapan calon penumpang dalam mencari bangku kosong sangat menentukan.


Kereta / Gerbong Khusus Wanita yang biasa terdapat di kedua ujung rangkaian kereta Commuter Line. Keberadaan gerbong ini sebagai jawaban atas permintaan para penumpang wanita untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan selama berdesak-desakan di dalam kereta.



Suasana di dalam Kereta Commuter Line saat tidak terlalu penuh dengan penumpang. Masih saja ada penumpang yang tidak mengindahkan penggunaan kursi lipat atau duduk dilantai kereta yang tentu saja menggangu penumpang lain yang berdiri.




Kalau yang ini adalah pemandangan sehari-hari di dalam Kereta Ekonomi. Keterbatasan rangkaian serta banyaknya penumpang saat-saat jam sibuk, membuat kondisi yang kurang nyaman dalam menggunakan moda transportasi ini.




Lantai 2 atau atap kereta, menjadi salah satu tempat favorit penumpang baik di Kereta Ekonomi ataupun Commuter Line. Banyaknya korban jatuh dan tersengat listrik tidak menyurutkan minat para atapers.




Pak Dadang, penjual sate sore hari di peron 7 Stasiun Bogor. Banyaknya lalu lalang penunpang yang keluar masuk Stasiun merupakan rezeki tersendiri untuk beliau. Walau sering sepi jika hujan, beliau tidak kapok berjualan di sini.




Penumpang yang menunggu antara Stasiun Pasar Minggu sampai Stasiun Bogor, relatif lebih sedikit pada sore hari. Foto diambil saat berada di atas Kereta Ekonomi.




Iwan, salah satu 'anak stasiun' yang sehari-hari berpetualang di sekitar Stasiun Bogor. Mencari nafkah dari rasa kasihan para penumpang. Tidak sekolah dan terkakdang tidur di gerbong Kereta Ekonomi.




















14 comments:

  1. aiissshhh mantap, semoga bisa menyusul bikin esay foto juga di blog! *soja kayang*

    ReplyDelete
  2. Idih... keren.... trus kira2 tuh kereta bisa lewat bakmi ferrio ga yaah ... * mlipir seksi*

    ReplyDelete
  3. Thanks Juragan Bakmi...
    Bisa laah... tinggal ditarik pake ojek sepeda kok... wekekekek

    ReplyDelete
  4. keren foto dan idenya...
    ditunggu esay berikutnya om...

    ReplyDelete
  5. Thanks Brow Ari...
    Nantikan edisi berikutnya...

    ReplyDelete
  6. Bogor sama kereta itu satu urat. Nggak bisa dipisahkan :)

    ReplyDelete
  7. gp: kok tidak ada picture cewe cantik yg naik commuter line sih?? pasti di simpan di private album yaa :P

    ReplyDelete
  8. Keren Ritchie =)
    Very impressive
    -sarina

    ReplyDelete
  9. Keren Ritchie =)
    Very impressive
    -sarina

    ReplyDelete
  10. sip keren om foto"nya
    ditunggu foto lain yg kayak ginian

    ReplyDelete